HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TB PARU YANG MENJALANI PROGRAM PENGOBATAN

  • Henny Syapitri Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Johansen Hutajulu Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Novita Aryani Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Frida Liharis Saragih Universitas Sari Mutiara Indonesia
Keywords: Pulmonary TB, Satisfaction, Quality health care

Abstract

Tuberculosis is still a health problem both in Indonesian and in the world and is the leading cause of death. DOTS strategy is the tuberculosis control program. This program carried out by the health center Helvetia and the expeted number of patients with tuberculosis decreased. Quality of service is a form of activity undertaken by health services such a service, processes, and environment that meet or exceed expectations. The Satisfaction of a judgment given when the patients gets care. This study aims to determine the relationship of quality health Tuberculosis DOTS treatment strategy. The type of research used in this study is an analytic correlation using cross sectional method, samples in this study were patients who underwent Tuberculosis DOTS treatment strategy. The samples of the study was 48 respondents choose by consecutive sampling. Data were analysis of health care quality relationship with the level of satisfaction obtained significant value p = 0,003 and the value of r = 0,423. Then there is a relationship between the quality of health services with the level of satisfaction. It is advisable to further improve nursing services in order to increase the comfort and the health of patient.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiatama, T. Y. 2010. Tubekulosis Paru dan masalah penanggulangannya. UI Press, Jakarta.

Amri, P.G 2011. Kepuasan Penderita TB Paru Diwilayah Kerja Puskesmas Medan Johor. Medan: Universitas Sumatera Utara

Ardhitya, Sejati & Sofiana.L 2014. Faktor-faktor Terjadinya Tuberkulosis : Yogyakarta

Ardhiansyah, M. 2012. Medikal Bedah. Yogyakarta : DIVA press

Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta

Asiah, Hamzah,. 2015. Kualitas Pelayanan Sentra DOTS Terhadap Kepuasan Pasien Di BBKPM : Makassar

Atika, Imelda. 2013. Gambaran Angka Kesembuhan Pasien Tuberkulosis Paru Di Rumah Sakit Umum Daerah Petala Bumi: Pekanbaru.

Bata, Yuristi W, dkk. 2013. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Pengguna Askes Sosial Pada Pelayanan Rawat Inap Di RSUD Lakipadada Kabupaten Tana Toraja : Universitas Hasanuddin.

Budiarto, 2015. Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Di Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang: Universitas Hasanuddin.

Chitami, Widya Putri. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan Dan Rawat Inap RS Otorita Batam : Universitas Widyatama.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2011). Pedoman penanggulangan nasional TBC. Jakarta: Depkes RI.

DEPKES. (2013). Riset kesehatan dasar 2013. Diakses dari http://depkes.go.id/download/riskesdas2013/hasil%20Riskesdas%202013.pdf diakses pada 06 april 2016.

Dotulong, Jendra. 2015. Hubungan Faktor Resiko Umur, Jenis Kelamin dan Kepadatan Hunian dengan Kejadian TB Paru di Desa Wori.

Erviana, 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap.

Jarusliamin, Muh. 2015. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Uum Di Instalasi Rawat Inap RSUD Haji Kota Makassar: Universitas Hasanuddin.

Ira, Setyaningsih. 2013. Analisis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Pasien Menggunakan Pendekatan Lean Servperf (Lean Service Dan Service Performance) : UIN Sunan Kalijaga

Ismaniar H., 2015. Administrasi Kesehatan Masyarakat. Dapat diakses di https://books.google.com

Like, J.M., 2011. Analisis Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado.

Made, Suadnyani Pasek & Satyawan, Made. 2013. Hubungan Persepsi Dan Tingkat Pengetahuan Penderita TB Dengan Kepatuhan Pengobatan Di Kecamatan Buleleng.

Mahfuzhah, 2014. Karakteristik Pasien Tuberkulosis Paru di Puskesmas Tuminting: Manado.

Maidelwita, 2011. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan di ruangan Rawat Inap Interne RSUD Dr. M. Zein Painan.

Manurung, I.E., Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Pasundan: Bandung.

Nurul, Wahyuni Sri. 2013. Kepuasan Pasien TB Yang Diobati Dengan Strategi DOTS Di GHS (Government Health Service) Ponorogo.

Nurcaya, 2011. Hubungan Antara Pekerjaan, PMO, Pelayan Kesehatan, Dukungan Keluarga dengan Perilaku Berobat Pasien TB Paru.

Padila, 2013. Asuhan Keperawatan Penyakit Dalam. Yogyakarta: Nuha medika.

Pare. L.A. 2012. Hubungan Antara Pekerjaan, PMO, Pelayanan Kesehatan, Dukungan Keluarga dan Diskriminasi Dengan Perilaku Berobat Pasien TB Paru.

Praditya, Bongga. 2013. Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan dengan Kepatuhan Penggunaan Obat Antituberkulosis Oleh Pasien Tuberkulosis Paru di Instalasi Rawat Jalan Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Surakarta.

Rizal, A., Yeni, R. 2014. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Bp. Gigi Puskesmas Kelayan Dalam: Banjarmasin.

S. Elisa. K. 2011. Hubungan Antara Umur, Jenis Kelamin, dan Kepadatan Hunian Dengan Kejadian TB Paru Pada Pasien Rawat Jalan di RSU Daerah Noongan.

Selecca, 2012. Hubungan Status Ekonomi dan Tingkat Pengetahuan TB dengan Keterlambatan Pasien dalam Diagnosis Kasus TB Paru.

Setyaningsih, 2011. Mutu Pelayanan dan Tingkat Kepuasan Pasien di Klinik Terpadu Politeknik Kesehatan Surakarta.

Sianturi Ruslantri, 2014. Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kekambuhan TB Paru: Semarang.

Ulfa, 2015. Hubungan Kualitas Pelayanan Rawat Inap Dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Bangsal Mawar I: Surakarta.

Yuliani, 2015. Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Dr. Sayidiman Magetan.

Zaniarti, 2011. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Jamkesmas di RSUD Salatiga.

Published
2021-02-28
How to Cite
Syapitri, H., Hutajulu, J., Aryani, N., & Saragih, F. (2021). HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TB PARU YANG MENJALANI PROGRAM PENGOBATAN. Jurnal Surya Muda : Ilmu Keperawatan Dan Ilmu Kesehatan, 3(1), 1-11. https://doi.org/10.38102/jsm.v3i1.78
Views Statistic
  • Abstract 101
  • PDF 117